BISM (Busines Intelligent Semantic Model) di SQL Server Denali PART 1

BISM
versi selanjutnya dari sql server 2008 dirilis pada confrensi techend di amerika utara tahun 2011 yang dinamakan sql server code denali ctp3. pada sql server code name denali, update dari SSAS di sql server 2008 dinamakan BISM (Busines intellegent semantic model). yang akan kita bahas disini adalah BISM :)

apa itu BISM??
BISM meliputi relational data model dan multidimensional model (OLAP) dalam satu platform BI. BISM adalah model untuk semua end user : reporting, analytics, scorecards, dashboards, dan custom applications. semua tools dari microsoft BI yaitu Excel, PowerPivot, SharePoint Insights dan Reporting Services (termasuk Crescent) beroperasi dalam model ini. model ini bisa di share dalam semua tools BI diatas dan membantu migrasi dari satu tool ke tool yang lain. misalnya PowerPivot workbook yang dibuat oleh business user bisa digunakan sebahai poin awal dalam pembuatan aplikasi Analysis Services BI professional.


Pada saat sql server 2008 di upadate ke sql server denali, Cube (Unified dimensional model) secara otomatis akan menjadi BI semantic model. BISM adalah evolusi dari UDM dengan multidimensional model ke hybrid model dengan kapabilitas yang lebih banyak.
BISM menggunakan Tabular data model sehinggal lebih mudah dimengerti dan dibangun daripada multidimensional model. Pada dasar tabular data model sama dengan data source view yang dibuat dengan multidimensional model, tapi dengan BISM kita tidak harus membuat cube sehingga mengurangi halangan dalam entry di SSAS.
Strukrut BISM :
1. Data model(multidimensional vs tabular)

Tabular data model (konsep modeling data dengan sejumlah table dan relationship) merupakan model yg familiar ,mudah utk dibagun, dan cepat dapat solusi, advance concept ga sesuai krn butuh kalkulasi utk mensimulasikanna, mudah utk membangun model baris darabase/warehouse utk reporting dan analytics

Multidimensional data model (konsep modeling data dengan cube, dimensi dan hirarki) merupakan model yg lebih rumit, pembelajaran curva yg kebih, advance concept, sesuai utk aplikasi OLAP (planning, budgeting dan forecasting)

2. Business logic dan queries(mdx vs dax)

DAX merupakan Berdasarkan formula excel dan consep relational dan mudah untuk dimulai, solusi yg complex meminta pembelajaran curva untuk row/filter context dan calculate, kalkulasi kolom membolehkan scenario baru

MDX merupakan Berdasarkan pemahaman multidimensional konsep, solusi yg kompleks meminta pembelajarn curva untuk curentmember, overwrite semantic, cocok ut kalkulasi multidimensional seperti scopes, assignments, calc members.

3. Data akses(rolap & molap vs. vertipaq & direct query)

Layer ini mengintegrasikan data dari multiple source seperti relational database, business application, flat file, odata feed. Ada 2 mode untuk menyimpan dan memanage datanya yaitu chace dan passtrought. Ada 2 media penyimpanan utk chacing data yaitu MOLAP dan VERTIPAQ. Ada 2 option utk passtraough data yaitu ROLAP dan DIRECT QUERY.

Molap merupakan penyimpanan berdasarkan disk, 3x compresi, disk scans dengan memori subcube caching, aggregate tuning diminta, support extensive paging, volume data bisa scan skala urk multiple terbyte.

Vertipaq merupakan penyimpanan berdasarkan kolom di memory, 10x compresi, brute force memory scan, default performancenya tinggi, tidak meminta tunning, support basic paging, volum data dibatasi utk pisical memory

Rolap merupakan passes trhough permintaan fact table , tidak direkomendasikan untuk dimensi table yang besar, support sebagian besar relational data source, tidak mensupport utk aggregation kecuali untuk sql server index view

Direct Query merupakan passes trhough DAX Query dan kalkulasi, tida support untuk MDX Query.

BI Semantic Model bisa dibuat di visual studio dan disimpan di sharepoint, dan kita bisa klik kanan modelnya utk memilih di tampilkan di ezcel atau buat report crescent. Di excel user bisa mendapatkan BISM menggunakan Multidimensional data model, MDX dan Vertipaq dan uer crescent bisa mendapatkan BISM menggunakan Tabular data model, DAX dan vertipaq.


sampe disini dulu ya.. nanti dilanjutin lagi

2 Response to "BISM (Busines Intelligent Semantic Model) di SQL Server Denali PART 1"

  1. redebian says:
    3 November 2011 pukul 00.51

    sok2an ngasih tutorial....
    hahahhaha...
    ajarin dunk buk

  2. desi says:
    6 November 2011 pukul 21.00

    yeaa,, aku jg lagi belajar.. apa salahnya berbagi sama orang lain juga.. :P

    boleh2 tp perjamnya bayar 100 ribu ya :D

Posting Komentar